widgets

Sabtu, 15 Januari 2011

Pesantren Kilat 80 Anak Yatim Se-Karesidenan Surakarta


Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” [HR. Abu Ya'la dan Thobroni, Shohih At Targhib, Al-Albaniy : 2543].
Gonilan, Dalam rangka mencari ridlo Allah melalui jalan menyantuni anak yatim, maka pada tanggal 23 – 25 bulan Ramadlon 1431 H kemarin yang bertepatan pada tanggal 3 – 5 September 2010 Yayasan Darul Ihsan Solo mengadakan pembagian santunan kepada anak yatim non Pesantren dari berbagai wilayah di karesidenan Surakarta.
Acara ini bukan sekedar membagikan santunan kemudian selesai. Akan tetapi Yayasan Darul Ihsan mempunyai misi selain menyantuni berupa materi juga memberikan santunan berupa moral. Yaitu mendidik anak yatim agar benar – benar paham terhadap ilmu Dienul Islam. Salah satunya adalah melalui program Pesantren Kilat (Peskil, red).
Alhamdulillah, melalui undangan yang kita bagikan, ternyata banyak yang merespon dengan respon yang positif. Hari Jum’at 3 September 2010 merupakan awal acara Peskil. Para peserta berdatangan dengan diantar oleh walinya, mereka penuh semangat mengikuti acara tersebut. Bahkan tak kalah juga para wali ikut semangat mendampingi anaknya untuk menyaksikan program acara Pesantren Kilat darul Ihsan Solo tersebut.
Setelah acara dibuka oleh Pengurus Yayasan Darul Ihsan Solo yang diwakili oleh Bp Wahyu Sih Setiyawan, SE, acara kita serahkan sepenuhnya kepada panitia Peskil dari Forum Aktualisasi Anak Islam (FAAI, red) Surakarta, yang diketuai oleh Sdri Ratna Dewi Bachria. Disini peserta dididik dan dibimbing bagaimana cara berwudlu, tata cara sholat, menjaga persaudaraan, dan lain sebagainya. Tak lupa juga para peserta juga diberi hiburan – hiburan yang bernuansa Islami, seperti pemutaran film anak islam, permainan ala islam, dan lomba kreativitas anak islam.
Selain adanya acara Peskil ini Yayasan Darul Ihsan juga menerima amal sholeh dari warga sekitar yang mengajak buka bersama dengan para Santri dan Pengurus. Diantaranya adalah : Alumni SMU Batik 1 Surakarta, Warga menco Nilasari Baru, Warga Singopuran, Ivorie, Aqwam, Remaja Masjid Nurul Haq, dan Ibu Dewi Bulak Indah.
  

Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar tak kurag dari suatu apapun. Semoga apa yang kita laksanakan ini benar – benar hanya untuk mencari ridlo Allah swt. Dan semoga Allah mencatat amal kita sebagai amal sholeh, Amiin.
(Fajar Kurniawan)

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar